Kalau Sudah Bilang: “Aku Nggak Bisa”

Kalau diri sendiri uda bilang “Aku nggak bisa matkul ini” ya nggak bakal bisa memahami lah, kayak kata Albert Bandura (1977) pada Social Learning Theory. Bandura bilang, salah satu faktor yang memengaruhi proses learning adalah self-efficacy. Self efficacy itu tingkat keyakian seseorang tentang kemampuannya untuk melakukan hal-hal yang dibutuhkan guna mencapai titik performance tertentu.

Kalau menurutku, yang namanya manusia itu selalu ingin berada di posisi yang benar. Makanya, tubuh kita bakal menolak untuk memahami materi karena ingin membenarkan pernyataan yang tadi diucapkan: “Aku ini gabisa”

Coba pernyataan di otaknya bilang “Saya bisa kok”. Saraf otak bakal effort untuk mengolah dan memahami materi, supaya pernyataan “Saya bisa” menjadi kenyataan.

Makanya..

Harus punya keyakinan “Saya bisa”. Atau lebih tepatnya “Dengan izin Allah, saya bisa”. Karena Dia maha mengetahui yang tidak kita ketahui. Termasuk apakah sebetulnya kita bisa memahami materi UTS ini atau nggak

Masandi Riwan,

Orang yang berusaha memahami..

 

..memahami materi ujian. Memahami kamu abis UTS aja ya


gambar dari sini

Leave a Reply

