Tentang Belajar UTS

Menurutku, the best way to learn adalah memahami esensi dan implementasi ilmu tersebut, juga mengerti bagaimana ia bisa bermanfaat bagi hidup kita.

Diagram Expectancy Theory oleh Victor Vroom (1964)

Kalau kata Vroom (1964) dalam Expectancy Theory, kita bakal termotivasi kalau kita percaya bahwa effort kita (nowadays case: belajar buat UTS) berpengaruh terhadap performance kita [expectance]. Juga ketika kita percaya bahwa performance kita berpengaruh terhadap outcome akhirnya [instrumentality]. Terakhir… ketika kita menganggap bahwa outcome tersebut bermakna bagi kita [valence]. Jadi..

Yakin gak usaha ini berdampak ke performance?
Bahwa belajar sekarang ini berdampak ke performance?

Yakin gak performance nantinya berdampak ke outcome/hasil performance tersebut?
Yakin gak bahwa outcome dari performance kita bermakna bagi kita?

Hmm. Ada satu lagi si, yang harus dipecahkan:
Sebetulnya, apakah performance bagi kita -pada case kali ini adalah ujian/UTS nanti (saja), atau pengaplikasian ilmu di kehidupan?
Apakah outcomenya adalah nilai ujian, ataukah buah -atau saya menyebutnya kemanfaatan dari pengaplikasian ilmu di kehidupan itu?

Yaa, tiap orang punya orientasi sendiri dalam belajar. Karena memang kemanfaatan sebuah ilmu bagi setiap orang bisa jadi berbeda. itu tadi, valensi. Seberapa bermakna sebuah outcome bagi kita.. Kok jadinya judgemental ya bahwa outcomenya ilmu? haha

Anyway, S.E.lamat belajar teman-teman! Enjoy these days
Semoga usaha kita berbuah manis, di dunia maupun akhirat 🙂
Yuk, niatkan juga buat ibadah, niatkan membahagiakan orang tua


diagram dari sini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s