Siang di 25 Desember 2013

Tulisan ini tidak akan menjelaskan perdebatan sebagian orang tentang hukum seorang muslim mengucapkan ‘Selamat Natal’. Tulisan ini hanya sedikit cerita dan pemikiran iseng saya.

Pagi ini, 25 Desember 2013, Updates di BBM saya ramai dengan kata “merry christmas” dan “Selamat Natal”. Ada beberapa yang menambahkan ‘bagi yang menjalankan’ , ada pula sebagian yang menulis ‘Hukum seorang muslim mengucapkan..’ dan lain-lain. Oke, saya tidak berkomentar. Saya jalani pagi sebagaimana pagi pada umumnya. Bersiwak, salat subuh, dan aktivitas lain yang manusia umum lakukan.

Hari ini tidak ada jadwal kuliah, tidak ada jadwal UAS tepatnya. Tapi, saya tetap pergi ke kampus untuk menyelesaikan beberapa urusan. Urusan pertama saya selesai ketika azan zuhur berkumandang. Saya salat, berdiskusi sejenak, dan langsung kembali ke tempat tinggal saya.

Saat itu, cuaca terasa cukup panas. Otak terasa seperti menguap. Pengelihatan sedikit kabur. Kalau kata teman-teman SMA saya, saya sedang “Koleng”. Saat itu juga, secara tiba-tiba saya teringat tweet seseorang yang pernah ada di lini masa saya yang bertuliskan “Apa yang salah dengan mengucapkan ‘selamat natal?'”. Saya yang sedang koleng ini secara iseng mencoba memikirkannya dalam-dalam.

Saya telah beberapa kali membaca penjelasan ilmiah dari para ulama tentang hukum mengucapkan selamat natal. Kalau teman-teman belum tau, silahkan cek www.yufid.com . Itu adalah searching engine untuk konten-konten islami. Teman-teman hanya perlu memasukkan keyword yang teman-teman inginkan, tekan enter, dan voila! Link terkait artikel-artikel islami dan ilmiah (Ada dalil dan penjelasannya. Bukan opini tidak berdasar seperti postingan saya ini) hadir di layar gadget anda. Cocok juga buat yang mau belajar untuk memersiapkan UAS Agama. hehe. oke, skip.

Saya teringat tweet teman saya tadi. Secara iseng, kali ini saya mencoba berada dalam posisi orang yang belum mengetahui dalil-dalil terkait ucapan selamat natal. Kemudian, dalam asumsi kondisi demikian, saya mencoba memahami orang-orang yang enggan mengucapkan ‘selamat natal’. Daan, setelah sekian lama mencari-cari alasan yang tidak berdalil, saya menemukan sebuah alasan yang berlandaskan asumsi. Saya berpikir :

“Mungkin, sebagian muslim tidak mau mengucapkan selamat natal sebagaimana sebagian atau bahkan semua orang nasrani tidak mau mengucapkan kalimat syahadat”

Memang, sekadar kata ‘selamat’ dan kalimat syahadat merupakan 2 hal yang berbeda. Tapi ada satu kesamaan diantara keduanya. Sama-sama terkait keyakinan. Syahadat merupakan persaksian seseorang muslim tentang keesaan Allah. Sedangkan, natal merupakan hari perayaan kelahiran Nabi Isa alaihis salam oleh umat Nasrani. Permasalahannya adalah umat Islam meyakini keesaan Allah, bahwa Allah tidak memiliki anak sebagaimana dalam surat Alikhlas ayat 3. Sedangkan umat nasrani meyakini bahwa Isa adalah anak tuhan.

Ucapan ‘selamat’ disini berakibat fatal bagi umat muslim. Paling minimal, mengucapkan ‘selamat’ memiliki arti keridoan dari orang yang mengucapkan kata ‘selamat’. Pertanyaannya, apakah mungkin seorang muslim yang bersyahadat rido jika tuhannya dipersekutukan dengan makhluk lain? Jika seorang muslim telah bersaksi bahwa Allah Maha Esa, tidak beranak dan diperanakkan, apakah mungkin dia rido ketika ada perayaan anak tuhan?

Itu tadi sedikit pemikiran bertajuk ‘memahami orang yang enggan mengucapkan selamat natal’. Jika anda seorang nasrani, saya tidak akan meragukan ke’enggan’an anda untuk mengucapkan kalimat syahadat. Kecuali Anda memang yakin bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah, Dia tidak beranak dan diperanakkan, dan Dia mengutus Muhammad sebagai hamba dan Rasul-Nya.

Jika anda seorang muslim, saudara seiman saya.. Tidakkah anda enggan untuk mengucapkan ‘Selamat Natal’ ?

Leave a Reply

