Publish My Writing?

Hari ini, aku mengunjungi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB UI). Aku datang ke sana untuk mengikuti sebuah seminar berjudul “How to Publish Your Writing”. Seminar ini diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan.

Aku mengetahui adanya acara ini dari broadcast message yang dikirim oleh temanku dari FIB. Pada saat itu, aku barusan bangun tidur. Aku hanya membaca serangkaian kata terdiri dari how, your, dan writing. Sekilas, aku menangkap bahwa FIB UI akan mengadakan sebuah seminar yang bertujuan meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa. Mengetahui hal itu, aku langsung merasa sangat bersemangat untuk mengikutinya. Bahkan, aku rela datang terlambat (hampir bolos bahkan) ke kelas mata kuliah Pengantar Bisnis yang notabenenya mata kuliah yang amat kusukai.

Akan tetapi, semangatku yang terburu-buru membuatku tidak teliti. Ternyata, disitu terdapat kata publish yang artinya adalah memublikasikan. Aku salah dalam menangkap pesan yang ada. Ternyata, itu adalah seminar tentang cara mempublikasikan karya/tulisan kita. Alhasil aku datang ke sebuah seminar dimana mayoritas pesertanya adalah mahasiswa yang aktif menulis. Bahkan, diantara mereka ada yang sudah diterbitkan tulisannya. Aku merasa paling newbie (baca: amatir) di tempat itu. Tapi, mau bagaimana lagi. Aku sudah terlanjur sms dosenku pada jam 7 pagi ini, kalau aku akan terlambat datang ke kelas karena ingin mengikuti seminar. Dosenku pun telah mengizinkan. “Masa mau balik lagi?” pikirku. Akhirnya kuputuskan untuk mengikuti isi seminar tersebut. Untung, aku mengajak teman dekatku. Aku pun tidak merasa kesepian disana. Meski disana banyak manusia, tanpa kawan bicara dunia terasa hampa *uhuk.

Seminar tersebut mengundang tiga pembicara. Pertama Bapak Arief Ash Shidiq, seorang editor dari Plot Point (penerbit buku remaja). Kedua Kak Dwitasari, seorang mahasiswa FIB UI angkatan 2012 yang beberapa tulisannya sudah diterbitkan. Pembicara ketiga adalah Kak Sheva, penulis buku Blue Romance.

Seperti yang telah aku kira, ternyata bukan tips maupun pelajaran tentang cara menulis yang aku dapatkan. Tapi cerita dan curhatan mengenai cara memublikasikan tulisan. Awalnya aku merasa jenuh, karena pembicaranya relatif monoton dan tema yang dibicarakan kurang cocok dengan minatku. “Menulis saja aku belum bisa, gimana ceritanya mau di publish” pikirku.

Tapi keputusanku tetap duduk ternyata tidak salah. Meski aku tidak mendapat tips maupun penjelasan mengenai tehnik menulis, aku mendapat banyak inspirasi. Pandanganku tentang dunia menulis juga menjadi lebih luas. Terutama dari Kak Arief yang di awal seminar gaya bicaranya cukup membosankan. Banyak kata-katanya yang menggugah semangatku untuk menulis. Meski bukan menulis novel, tapi aku ingin menulis. Entah cerpen, artikel, sekadar diary, atau apapun. Kenapa?

Karena apa yang terlintas di benak kita, bisa jadi merupakan solusi bagi masalah di kehidupan orang lain. Bisa jadi, Tuhan sengaja menitipkan jalan keluar bagi masalah hidup orang lain di dalam pikiran kita.

Maka dari itu, aku sadar bahwa aku harus menulis. Kita semua harus menulis. Karena percayalah

“Bukan hanya kamu yang menghadapi masalah ini. Ada sebagian bahkan banyak orang diluar sana yang juga menghadapinya. Kalau kamu punya solusi, bagi !” kata Kak Arief.

Ya, pada intinya aku ingin berbagi. Memang untuk memberi solusi butuh studi dan pengetahuan yang cukup. Tapi apa salahnya berbagi pengalaman. Toh publik bukan orang yang tidak bisa memilah mana bacaan yang bagus dan mana yang tidak. Cerita Tuhan juga terlalu indah untuk dinikmati sendiri.

Jadi kawan.. khususnya untukmu yang masih merasa malu untuk berbagi, cobalah renungkan lagi. Tulisanmu bisa menjadi sebuah harapan dan jalan keluar bagi kehidupan orang lain, tapi juga bisa kau sembunyikan dan hilang kau bawa hingga mati.

Leave a Reply

